Saturday, February 18, 2017

Cara Membuat Menu Navigasi

List sebagia Menu

Membuat sebuah website yang terdiri dari beberapa atau banyak halaman. Untuk mempermudah pengguna dalam melakukan navigasi pada website kita, tentunya kita harus menyediakan menu yang diakses dan dilihat oleh pengguna.
Karena hal tersebut, elemen navigasi merupakan salah satu yang paling penting  dan hampir selalu ditemukan dalam sebuah website.

Menu Vertikal Menggunakan List
Sebuah menu dikatakan vertikal jika menu tersebut ditampilkan secara menurun kebawah. Misalkan


Kita dapat mengaplikaskan CSS untuk menggantikan warna latar belakang sari setiap li, kemudian menghilangkan penanda daftar, memberikan lebar yang sama dan berbagai pengukuran lainnya sehingga didapatkan kotak penuh yang menyerupai menu, seperti berikut :


Sehingga kita akan mendapatkan tampilan seperti gambar dibawah


Teks dari menu diatas masih belum selesai, kita perlu menambahkan sedikir kode untuk mengubah teks didalam menjadi terlihat dengan jelas, tidak bergaris bawah, serta memnuhi seluruh blok, scriptnya :


Sehingga hasil akhir dari script menu navigasi diatas seperti gamabar dibawah

Oiya, hampir kelupaan
Unutk membuat menu perlu diingat dalam pembuatan menu ialah bahwa kita harus memberitahukan pengguna dengan mudah dimana menu yang dipilihnya, misal kita dapat merubah warna warna latar dan teks serta menebalkan teks ketika pengguna sedang berada dalam satu halaman. Keberadaan pengguna dapat ditandai dengan sebuah class baru, yang diberikan secara dinamis sesuai dengan halamannya.
script css untuk mendapatkan efek tersebut


hasil yang akan kita dapatkan ,

Semoga bermanfaat !

0 comments:

Post a Comment